readbud - get paid to read and rate articles

Sabtu, 22 Mei 2010

Memaksimalkan Koneksi Internet

Bukan rahasia lagi kalau menggunakan DNS server bisa memaksimalkan (memperlancar) koneksi internet kita. Memakai modem DSL, Dial Up ato yang lainnya tidak masalah. Saya menggunakan modem HP ZTE C 261 dengan provider Smart dan hasilnya lumayan.
Cuma masalahnya untuk mencari alamat DNS server yang pas sangat sulit. Perlu diketahui bahwa alamat Open DNS server itu berubah setiap saat (dinamis). Tadi malam waktu saya jalan-jalan di salah satu blog (maaf saya lupa catat nama blognya plus ndak kasih comment) saya menemukan sebuah free software yang bisa digunakan untuk mencari dengan cepat setingan DNS server yang pas (semua alamat DNS server). Langsung aku download plus tak coba dan setelah tunggu beberapa saat dapat hasil alamat DNS server yang pas (menurut software ini). Untuk yang minat silakan download disini. Pastikan setingan pop-up blocker mesin browser anda tidak dimatikan. Karena aku memakai hosting Ziddu yang menerapkan pop-up advertiser. Terus ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Untuk free software-nya download disini.

2. Setelah selesai buka software-nya ditempat anda menyimpan hasil download tadi (pastikan Komputer anda terinstal winRAR) kalau belum punya winRAR silakan download disini (plus patch-nya). Untuk patch winRAR download disini

3. Buka dan klik yang ada ekstensi .exe (namebench 1-2 windows.exe)

4. Pastikan komputer anda terhubung dengan jaringan internet. Kalau tidak ya... sama juga bohong dung.

5. Lalu Klik extract

6. Setelah terbuka, ada beberapa parameter yang harus anda isi
  • Test Data Source : isikan (pilih) dengan mesin browser yang anda gunakan (saya menggunakan Mozzila Firefox)
  •  Test Selection Mode : isikan dengan Automatic (yang lain saya belum mencoba, soalnya tidak tahu maksudnya. wkwkkwkwkw...)
  • Number of Queries : saya biarkan sesuai bawaannya 220 atau silakan isi sesuka anda     Note:semakain banyak nilai queries yang anda masukkan, semakin lama mencari alamat DNS server yang pas dan sebaliknya
  • Numbers of Run : biarkan saja pada angka 1 (setingan saya lho...)

7. Setelah semua parameter anda yakini mantap ( ciee.....) lalu klik start benchmark

8. Biarkan saja sampai muncul jendela pop-up di jendela baru mesin browser yang anda gunakan

9. Ada beberapa data hasil pengecekan. Kalau paham ya pelajari dan share dengan saya apa maksudnya, kalau ndak paham maksud grafik dan angka yang ada (seperti saya yang bodo ini) ya cuekin aja...

10. Yang anda butuhkan adalah sebelah kanan atas layar komputer anda. disitu ada alamat DNS server yang direkomendasikan urut dari pertama sampai ke tiga.

11. Setelah itu buka Start --> Control Panel --> Network Connetions -->; Pilih conection yang anda gunakan

12. Setelah ketemu conecting yang anda gunakan, klik kanan --> properties --> networking -->  pastikan internet protocol (TCP/IP) ada tanda centanganya

13. Lalu klik properties internet protocol(TCP/IP)

14. Ada beberapa parameter yang harus diisi:
  •  Yang atas pastikan tetap di --> Obtain an IP address automatically  soalnya Smart menerapkan IP yang dinamis.
  •  Yang bawah gunakan --> use the folowing DNS server addresses, dan isikan alamat DNS server yang anda dapat tadi (coba urutan dengan yang direkomendasikan). Yang pertama di atas dan seterusnya. Kalau perlu silakan urutan sesuai yang anda suka
 15. Lalu klik Ok, Ok lagi

16. Disconnet modem yang anda gunakan dan kemudian dial/connect-kan lagi (sebagai fungsi refresh, pengganti fungsi F5 di keyboard)

17. Silakan buka mesin browser anda kembali seperti biasa dan rasakan perbedaannya.


Note: 
  • kalau menggunakan modem dial-up pastikan signal di tempat anda bagus. Kalau signalnya jelek ya...... percuma !! 
  • Saya mengganti alamat DNS server setiap 1 jam sekali. Ribet banget sih cuma lumayan hasilnya.


Insyaalloh info ini berguna. Kalau ada kritik/pertanyaan dengan senang hati saya jawab sebisa mungkin. Jangan lupa kasih coment

2 komentar:

  1. makasih mas infonya! eh ngomong2 software yang dipake apa?

    BalasHapus
  2. Kan dah ada di atas om. Makasih kunjungannya dan salam kenal.

    BalasHapus