Rabu, 17 Maret 2010

Ponsel Kerendam Air

Kali ini cara selamatkan HP bila terendam air ataw kecuci atau kesiram atau kehujanan ----- pokoknya yang kena air sampai ke dalam2nya. Rangkaian HP sebenarnya sangat rentan terhadap cairan.. ibarat komputer, radio, atau alat elektronik yang lain.
Mungkin frend yang pernah ngalamin dah pernah coba cara ini, cuma ga ada salahnya dikupas lagiii...
HP atau alat lainnya yang terendam air jelas akan mengalami kerusakan. itu yang menjadi pokok utama, jadi kalopun cara ini tidak efektif ya berarti minimal udah ada usaha khan..??
Jika sudah terjadi HP terendam, secepatnya lepas baterai, kibas2 kan HP supaya air bisa bisa keluar..
Cara lama adalah segera jemur supaya kering. Terbukti ini hanya bisa menyelamatkan 30% HP yang terkena air. Ada cara yg mungkin lebih besar kemungkinan terselamatkan itu HP. HP terdiri dari bermacam2 IC dgn berbagai spesifikasi. Tidak semua IC tahan panas dan paparan sinar UV matahari. Ada kalanya IC memory rusak memorynya karena paparan sinar UV.
Nah bagaimana kita menghilangkan jejak air yang berada di sela2 rangkaian..
Yuk kita asumsikan si rangkaian HP seperti krupuk... wkwkwkwk
Krupuk kalo melempem kira2 supaya renyah di apain...
Satu2nya jalan adalah masukin kulkas. Menurut frend kenapa ? Air akan menyublim ke arah suhu terendah. Sehingga uap air dan sisa air akan terserap kearah freezer. (tidak heran khan kenapa freezer banyak bunga es nya). Nah diposisi mana paling optimal. Slakan taruh chilling atau 1 sap dibawah freezer. Silakan tempatkan difreezer asalkan kulkas nya bebas bunga es..( anti frost).
Tunggu sekitar 1-2 hari sehingga uap air yang ada di layar HP akan hilang. Kalau menurut frend masih kurang. silakan ulangi langkah tersebut sampai 2-3 kali.
Setelah benar2 hilang silakan pasang baterai tapi jangan di hidupkan... Charge dulu baterainya sampai penuh. baru silakan di hidupkan HPnya.
Kerusakan yang sering terjadi setelah terendam adalah speaker. Karena membran speaker banyak dari bahan kertas yang tidak tahan air.
Ya kalo sampai tidak bunyi ringtone minimal hanya ganti speaker nya aja khan.. Tidak yang lainnya...
Kalaupun tidak hidup tuh HP silakan LEM BIRU (lempar beli baru)--but minimal udah berusaha, karena mungkin IC nya terjadi korsleting.
Cara ini juga efektif untuk jam tangan yang berembun.
OK kalau ada cara lain silakan reply... Semoga berguna

Sumber : email FB teman

Tidak ada komentar:

Mohon Komentarnya Ya