Selasa, 02 Maret 2010

Desain Rumah

Desain Rumah

Oleh: AsianBrain.com Content Team
Rumah adalah kebutuhan dasar manusia. Sebagai tempat tinggal, rumah haruslah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penghuninya. Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Rumah idaman ini biasanya tidak mudah ditemukan. Satu-satunya cara untuk mendapatkan rumah idaman adalah dengan membangunnya sendiri. Bila Anda sedang berencana membangun rumah sendiri, tentunya membutuhkan gambar desain rumah untuk menambah ide. Kita bisa mendapatkannya di majalah, tabloid, bahkan internet.

 
Sering kali kita dihadapkan dengan masalah pilihan yang begitu banyak, sehingga membuat kita semakin sulit memilih. Perlu dipahami juga bahwa rumah tidak saja digunakan sebagai tempat beristirahat, berlindung, berteduh dari sinar matahari dan air hujan, tetapi juga sebagai tempat bersosialisasi, belajar, bahkan untuk investasi. Desain rumah akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang cepat. Ada beberapa tipe desain, mulai dari modern, klasik, mediterania dan juga desain minimalis yang saat ini menjadi trend.
Desain arsitektur rumah selalu berubah seiring dengan perkembangan budaya masyarakat yang dinamis. Saat memilih desain arsitektur bangunan rumah, sebaiknya tidak hanya mengikuti tren yang sedang digandrungi masyarakat. Sebab, bisa jadi tren desain rumah yang Anda pilih tidak selaras dengan karakter penghuni. Lagi pula tren desain tidak bertahan lama dan akan terus berganti. Pilihlah desain yang selaras dengan karakter penghuni, kondisi iklim tropis, sosial budaya, dan lingkungan sekitar.
Dalam merencanakan rumah, apalagi bila ini merupakan yang pertama kali, seringkali menimbulkan kekhawatiran akan keberhasilannya. Segala hal yang Anda dambakan rasanya ingin dimasukkan kedalam desain tersebut seluruhnya. Tentu ini tidak mungkin karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan ini agar tercipta  desain rumah yang nyaman dan asri serta tentunya sesuai dengan apa yang sudah Anda idam-idamkan selama ini.
 Berikut beberapa tipsnya :
1. Buatlah daftar list segala hal yang Anda inginkan dan impikan terhadap rumah idaman tersebut.
2. Jika ingin menghemat dana, lebih baik rencanakan gambar desain rumah sendiri dengan pasangan Anda. Setelah itu musyawarahkan bersama pasangan, jika perlu dengan orangtua, mertua dan tukang.
3. Membuat rencana anggaran biaya terlebih dahulu, supaya bisa diketahui dari awal berapa biaya yang akan dikeluarkan. Rencanakan juga jenis dan tipe bahan material  yang akan digunakan.
4. Perencanaan ruang, mulailah dengan dasar: jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi,  beranda, ukuran garasi dan sebagainya. Ini berkaitan dengan pemanfaatan lahan dan penataan ruangan yang baik.
6.Merencanakan perubahan ke depan. Jika Anda adalah sepasang suami istri yang tengah memulai hidup baru, Anda harus merencanakan rumah Anda jauh ke depan sampai saat Anda nantinya memiliki anak.
7. Pemilihan rumah hijau dapat memangkas tagihan listrik, selain memberi dampak positif bagi lingkungan hidup, dan yang terpenting adalah memberi kesehatan bagi keluarga.  
Dengan adanya perencanaan dan desain rumah yang baik, rumah yang Anda bangun bisa menjadi rumah idaman seperti yang Anda inginkan.  Karena rumah tersebut akan menjadi jiwa dan roh Anda, maka harus Anda pertimbangkan dengan baik, agar upaya pembangunan rumah Anda tidak menjadi mubazir. So, built your sweet home...
Tentang Penulis: AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia.

1 komentar: