Senin, 22 Maret 2010

Baking Soda dan Gunanya

Baking soda...... Kaum perempuan pasti banyak yang tahu. Tapi yang kaum Hawa ?? BAking Soda adalah salah satu campuran dalam pembuatan kue. Tetapi tahukan anda bahwa Baking Soda ternyata juga mempunyai manfaat lain. Dibawah ini adalah manfaat baking soda yang saya kutip dari berbagai sumber.


1. Menghilangkan bau pada tangan
Habis mengulek kunyit, makan lauk dengan sambal terasi, atau kegiatan lainnya yang membuat tangan Anda berbau? Jangan khawatir. Baking soda ampuh mengusir bau.

Caranya: Ambil baking soda secukupnya. Basahi dengan air, kemudian gosokkan pada seluruh tangan selama 30 detik. Kemudian bilas dengan air.





2. Menghilangkan noda bekas hujan di kaca mobil
Sodium karbonat atau baking soda bersifat menetralisasi zat asam akibat air hujan. Bekas (titik) hujan pada kaca mobil atau jendela pasti amat mengganggu.

Caranya: Tidak perlu menggunakan cairan pembersih khusus. Cukup buat larutan dari baking soda. Celupkan kain pada larutan, gosok pada bagian bernoda hingga bersih.

3. Membersihkan sisir rambut
Sisir bergigi rapat memang sulit dibersihkan. Untuk membersihkannya, campur 1/2 mangkuk baking soda dengan air hangat, lalu rendam sisir dalam mangkuk tersebut selama 15 menit.

Cara ini ampuh untuk menghilangkan sisa lemak di sisir akibat hair gel, minyak, serum, dan sisa krim pelembab rambut.

4. Menghilangkan lemak pada perangkat memasak
Noda minyak yang lengket pada penggorengan, kompor, dan dinding dapur, jika dibiarkan akan terus menumpuk dan makin sulit dibersihkan.

Untuk membersihkan, buat larutan kental dari baking soda, gunakan spons atau kain lap (kering tanpa dibasahi) untuk menggosokkan baking soda pada bagian yang berlemak.

5. Mengangkat lapisan kulit mati
Ingin punya kulit mengilap? Mudah saja, campurkan satu sendok teh baking soda dengan air. Buat hingga larutan memiliki kekentalan mirip sabun cuci muka. Gosokkan pada wajah selama 30 detik (seperti saat Anda menggunakan sabun pencuci muka). Bilas dan beri krim pelembab.

6. Menetralkan Bau Asam/Apek 
Tak tahan dengan bau asam dan apek, misal di kamar mandi ????. Netralkan dengan Baking Soda.
Caranya: siram bagian yang bau dengan larutan baking soda

7. Membersihkan Noda (Ringan)
Baking Soda juga bisa digunakan untuk membersihkan noda ringan di alat kamar mandi (misal kran air) tanpa menggores.
Caranya:Satu sendok baking soda dicampurkan dengan setengah sendok sabun cuci piring cair, lalu oleskan dan gosok ringan dengan spons. Biarkan beberapa saat lalau bilas dengan air bersih. Bila perlu diulangi.

Tidak ada komentar:

Mohon Komentarnya Ya