Sabtu, 27 Februari 2010

Awas Cinta Laura Serang Komputer Anda

 Satu lagi virus varian lokal muncul. Kali ini menggunakan nama salah satu artis sinetron Indonesia. Seperti biasa virus ini menularkan korban-korbannya lewat media Flash Disk. Nama salah satu varian virus lokal ini adalah Cinta Laura (duh.....pasti deh langsung pada ngiler deh....).


Sedangakan nama lainnya adalah W32/Autorun.AXLB. Virus ini diduga (ingat baru diduga) berasal dari salah sekolah menengah atas di Banjarnegara Jawa Tengah. Kehebatannya adalah mampu melumpuhkan varian virus lokal lainnya seperti Decoil, Netghost dll. Disamping itu juga akan menimbulkan beberapa efek di komputer pribadi anda antara lain matinya fungsi msconfig, cmd, taskmgr, dan regedit. Tujuan dari aksi ini adalah mempersulit akses ke utility tools windows yang biasanya digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus. Menurut Adi Saputra, pakar keamanan dari Vaksincom, pengguna internet perlu berhati-hati dan jangan mudah tergoda untuk menjalankan file-file yang menarik. “Apalagi virus ini juga memanfaatkan icon 3GP sehingga tampilan file virus ini seakan-akan file film yang diambil dari handphone,” kata Ad Sap, pada keterangannya, 27 Februari 2010.

Ciri-ciri dari file virus Cinta Laura di antaranya adalah menggunakan icon 3GP, memiliki ukuran 37KB, menggunakan tipe file application dengan ekstensi *.exe.
Selain menutup akses terhadap sejumlah fungsi Windows, virus juga melumpuhkan beberapa varian virus lokal yang aktif seperti PendekarBlank (unoccupied.reg, Empty.jpg, zero.txt, hole.zip, blank.doc), Decoil (dkernel.exe,  IExplorer.exe), dan NetGhost (fun.exe, dc.exe, sviq.exe, winamp.exe).

“Biasanya, hal ini akan menimbulkan aksi balasan dari virus yang dibasmi yang akan mengeluarkan varian baru dan membalas membasmi virus Cinta Laura ini,” kata Adi. “Ibarat pepatah ‘Gajah bertarung, Pelanduk mati di tengah-tengah’ jika para pembuat virus ini saling mengeluarkan varian virus baru untuk saling membasmi, maka yang paling menderita adalah pengguna komputer awam yang akan kebanjiran virus baru,” ucapnya.

Seperti virus lokal lainnya, Cinta Laura menyebar lewat media USB flash, harddisk eksternal, dan memanfaatkan shared drive atau folder di jaringan. Vaksincom sendiri sudah memaparkan cara pembersihan Cinta Laura. Adapun untuk pembersihan yang optimal dan mencegah infeksi ulang, sebaiknya pengguna selalu melakukan update terhadap software antivirusnya. Nah tuh yang malas update anti virusnya. Cepet-cepet di update. Kalau didatangi Cinta Laura beneran gak pa-pa lha kalau cuma virusnya ??? Ampun.............nnnnnnn.

Sumber: Vivanews

Tidak ada komentar:

Mohon Komentarnya Ya