Rabu, 17 Februari 2010

Internet Sehat dan Aman

Internet sehat dan aman agaknya diidamkan oleh banyak orang. Tapi bagaimana sih cara internet yang sehat dan aman itu? Sebenarnya kalau kita mau sedikit susah mencari (walau sesungguhnya hal yang begitu mudah) banyak sekali tip-tip untuk ber-internet sehat dan aman. Tinggal klik disini masukkan key word-nya dan dalam beberapa detik terpampang banyak sekali situs yang menyediakannya. Tetapi disini penulis mencoba merangkumnya menjadi satu yang penulis ambil dari berbagai sumber.


Pembaca semua, tidak kita pungkiri saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Bahkan dengan telephon genggam-pun kita sudah dapat menjelajah dunia maya. Kalau kita tidak mengikutinya, kita akan jauh tertinggal dengan orang lain. Tetapi ibarat pisau bermata dua, satu sisi kita terbantu dengan adanya teknologi seperti ini (yang positif). Tetapi disisi lain juga akan merugikan kita (sisi negatif). Di media massa (koran, televisi, radio) banyak sekali korban-korban yang berjatuhan akibat salah (baca: menyalah gunakan) teknologi terutama dunia maya. Kebanyakan korbannya adalah ABG yang notabene adalah generasi penerus bangsa ini. Yang lagi hangat adalah kasus dari penyalahgunaan situs jejaring sosial Facebook (FB) dan pembobolan ATM. Dari kasus penculikan oleh kenalan di FB, prostitusi, penipuan dan lain-lain. Tetapi apakah kita (terutama orangtua) akan menyalahkan FB atau dunia maya-nya?? Penulis harap tidak. Karena dunia maya (termasuk FB, Friendster, Twitter, dll)  hanyalah media/sarana. Sedangkan mau dipakai untuk apa dunia maya ini tergantung penggunanya. Berikut ini sedikit tip internet sehat dan aman:
  1. Jangan membiarkan/dampingi putra/putri (yang belum cukup umur) anda sendirian didepan internet (terutama rumah dengan PC sudah online)
  2. Beri pengertian kepada putra/putri anda (dengan bahasa yang mudah dipahami) tentang situs mana saja yang boleh/tidak boleh dilihat konten-nya.
  3. Kalau perlu pasang parental software pada PC pribadi yang online. Software ini membatasi akses internet terhadap konten-konten tertentu.Silakan download gratis  disini
  4. Selalu jalin komunikasi yang baik dengan putra/putri anda. Karena dengan komunikasi yang baik insyaalloh semua masalah bisa diselesaikan dengan baik.
  5. Selalu periksa telepon genggam putra/putri anda. Karena kebanyakan telepon genggam sekarang sudah dilengkapi dengan perangkat browser. Bahkan yang berharga murah.
  6. Pantau siapa saja teman-teman putra/putri anda.
  7. Baca dan pahami peraturan situs yang dikunjungi. Biasanya terletak di paling bawah dari halaman depan.
  8. Jangan membagi info yang bersifat pribadi (apalagi rahasia) kepada orang yang belum anda kenal
  9. Ganti password anda secara berkala (e-mail, CC, ATM dll). Ini untuk menghindari account digunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.  Gunakan password yang rumit agar susah ditembus tapi hati-hati jangan sampai anda sendiri lupa.(wah kalau yang begini repot deh....:)
  10. Jangan simpan password anda sembarangan
  11. Amankan e-mail anda dengan mengaktifkan fitur anti spam (biasanya situs yang menyedian layanan e-mail gratis sudah ada fasilitas ini)
  12. Waspadai e-mail yang mencurigakan. Kalau anda ragu isinya hapus saja.
  13. Bertanyalah pada orang yang tepat.
  14. Setelah melakukan aktifitas apapun di dunia maya dengan PC publik/umum segera delet cookies anda.
  15. Nonaktifkan menu share (apapun) di PC pribadi
  16. Aktifkan Firewall PC anda
  17. Install antivirus di PC anda dan selalu di Up date.
  18. Hati-hati dengan PC publik karena siapa tahu dah dipasang keylogger (hii....ngeri deh)
Penulis kira ini saja. Sebenarnya banyak sekali, tetapi harapan penulis yang sedikit ini bisa diambil manfaatnya.

(diambil dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Mohon Komentarnya Ya