readbud - get paid to read and rate articles

Rabu, 28 April 2010

Membikin "Batere" Anda Tahan Lamaaaaaa......Mauuu ???????


Berikut ini beberapa tips/trik  membuat "BATERE" anda tahan lebih lama/lebih awe, lebih yahuuuutttttt. Jadi pngen deh. wkwkwkwkwwk. Baca sampai tuntas...tas....tas.
Awas jangan membaca JUDULNYA dengan pikiran JOROK. DILARANG KERAS !!!!!
Ok. Lanjut...........................Batere Laptop adalah salah satu komponen Laptop yang mahal selain LCD-nya, jadi apa salahnya dicoba.


Tips 1. Mendefrag HD Secara Berkala
Defragi HD secara berkala membuat data diatur dalam susunan yang lebih sistematis yang membuat kerja HD lebih ringan untuk mengakses semua data. Semakin cepat dalam HD mengakses data yang ada, maka konsumsi batere laptop anda juga semakin kecil.

Tips 2. Mengurangi Program Yang Berjalan (tidak diperlukan)

Kurangi proses yang berjalan dibelakang layar (artinya tersembunyi) yang tidak diperlukan. Gunakan bantuan dengan Windows Task Manager. Jika Anda tidak menggunakan internet, adalah aman untuk menghentikan program yang diperlukan bukan hanya yang berjalan di taskbar seperti antivirus atau windows firewall. Tidak perlu menghapus program yang berjalan selama start-up. Hapus program yang tidak diperlukan (selama start up) untuk memulai dan restart komputer. 

Tip 3. Buatlah Jadwal Untuk Program Yang Banyak Memerlukan Sumber Batere

 Program seperti defragmentasi atau memindai virus harus dijadwalkan saat Anda dekat dengan sumber listrik (maksudnya PLN, jadi bisa nge charge).

Tip 4. Cabut/lepaskan Perangkat Eksternal Jika Tidak Diperlukan  

Perangkat USB eksternal adalah perangkat yang boros sumber baterei. Cabut/lepaskan perangkat eksternal jika tidak memerlukannya. Contoh perangkat eksternal seperti mouse eksternal, kartu PC, Wi-Fi, speaker eksternal, Bluetooth, Pen drives, portable hdd dan iPod. dan lain-lain

Tip 5. Kosongkan CD / DVD Drives 

 Simpanlah /setidaknya jangan dipasang piringan CD-DVD dalam CD-DVD Drive ketika tidak diperlukan. Karena memutar jika CD-DVD drive memutar sebuah piringan CD-DVD dapat menyedot daya batere laptop anda. Tips ini sekaligus mengajarkan kita untuk tidak ceroboh. Siapa tahu ketika kita lupa menyimpan kembali piringan CD-DVD yang masih tertinggal di Drive CD-DVD Laptop, trus latop dipakai sodara ato orang lain. Kan jadinya bisa runyam kalau piringan berisi data yang sensitif atau film "Unyil" wkwkwkwkwk
 

Tip 6. Gunakan Perangkat Lokal Aja 
Hindari menggunakan plug-in DVD ROM / drive eksternal yang umumnya berjalan ddengan menguras daya baterai. Anda dapat mentransfer/instal ke hard drive atau Anda juga dapat menjalankan virtual drive seperti Pismo File Mount, Alkohol 120%, Daemon atau bahkan Microsoft Virtual CD ROM Control Panel.
 
Tip 7. Periksa Resolusi Anda
 Layar Laptop adalah penyedot terbesar dari daya batere. Makanya kini para produsen Laptop berlomba-lombamenciptakan layar/LCD yang benar-benar hemat daya batere. Antar lain dengan menggunankan  OLED yang diyakini lebih menghemat daya batere. Mengurangi kecerahan layar Laptop untuk tingkat yang tepat di mana Anda masih bisa mentolerir visual/ anda masih dapat melihat dengan jelas, dapat menghemat daya batere . Dengan bantuan toggles Fungsi tombol atau menggunakan Pengaturan Display pada Control Panel.
 

Tips 8. Matikan Suara
Matikan speaker (jika memang tidak perlu) dan hindari menggunakan software multimedia untuk  menghemat daya baterai yang lebih baik. Anda juga dapat menghindari skema suara yang diinstal yang dapat mengurangi masa pakai baterai Anda.
 

Tip 9. Katakan  "TIDAK" ke Screensaver
 Untuk menghemat batere yang paling baik adalah dengan me-nonaktifkan screensaver.
 

Tip 10. Hindari Penampilan Desktop Yang Aneh-Aneh
Sistem operasi yang baru diprogram seperti Windows Vista datang bersama dengan fitur generik seperti 'Aero Glass' yang boros sumberdaya. Jadi, nonaktifkan dan gunakan  "Penampilan Classic' yang mengkonsumsi daya batere lebih kecil. Dalam Windows Vista, klik pada Desktop dan kemudian Preferensi dan kemudian Lihat Warna dan kemudian Penampilan dan kemudian Classic tampilan dan Windows antarmuka grafis Dasar.Dalam Windows XP, klik kanan dan pilih properti lalu Display Properties dan kemudian Theme dan pilih Windows Classic. 
Untuk sistem operasi seperti Linux dan Macintosh, sudah lebih baik dioptimalkan untuk membuat masa pakai baterai lebih lama dan kuat.
 

Tip 11. Pilihan Daya 
Periksa manajemen batere "Power Options" di Control Panel. Baik Windows XP dan sistem operasi Windows Vista terdiri dari fitur-fitur manajemen daya tingkat lanjut yang membantu Anda untuk mematikan komponen seperti monitor atau hard drive untuk waktu tertentu. Hal ini juga tergantung pada yang dipilih 'untuk Power Skema' sistem operasi windows XP di jendela yang sama. Sebagai contoh dalam sistem operasi Windows XP, Anda dapat pergi ke 'dalam Menu Max Battery' di bawah Power Skema untuk memilih untuk optimasi maksimum batere.
Tip 12. Gunakan Hibernate Mode

 Kadang-kadang kita membuat laptop kita di mode Stand by atau mode bobok, tetapi dalam kasus seperti komputer mematikan harddisk dan layar monitor tapi memori akan aktif yang tidak membuat CPU/laptop melambat. Hal ini mengurangi masa pakai baterai. Dalam kasus tersebut, modus hibernasi harus diterapkan sehingga laptop menyimpan keadaan sekarang dan mematikan dirinya sendiri ke yang benar-benar menghemat listrik.
 

Tip 13. Bekerja pada Program yang Diperlukan Saja
 Alasan utama berkurangnya masa pakai baterai adalah bekerja pada beberapa program yang bersamaan (membuka secara bersamaan) sehingga menyebabkan daya terbuang. Gunakan aplikasi grafis yang berorientasi pada tingkat minimum. Jika Anda bekerja pada aplikasi spreadsheet yang seperti pada umumnya, maka  konsumsi daya kurang dari bermain dengan game favorit Anda bukan ??. Anda juga dapat menambah masa baterai hanya dengan membuka program yang  diperlukan satu atau dua program secara bersamaan.
 

Tip 14. Penggunaan RAM 
Sistematis penggunaan RAM yang lebih rendah adalah memberi beban pada Virtual memory yang benar-benar bekerja untuk hard drive. Jika Anda amati, penggunaan RAM lebih mengarah ke lebih banyak penggunaan daya yang juga meningkatkan penggunaan seluruh cadangan daya dengan mengurangi akses ke hard drive.
 

Tip 15. Jagalah Kebersihan
Kebersihan adalah sebagian dari iman. 
Sebuah laptop dengan banyak debu dan kotoran yang umumnya blok ventilasi udara menghasilkan panas lebih yang sebenarnya mengurangi masa pakai baterai. Anda dapat mencoba untuk membersihkan ventilasi udara setiap saat secara rutin yang akan membantu Anda untuk tetap temperatur operasi yang rendah. Cobalah untuk membuka ruang di dekat ventilasi untuk udara beredar dengan bebas. Juga mencoba menjaga daerah di dekat laptop yang bersih untuk menghindari lebih dari debu.
 

Tip 16. Faktor Suhu
 Panas yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai. Juga hindari membuka laptop di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang tertutup. Atau di dekat kompor atau api.
 

Tip 17. Memori Efek 
Adalah masalah bagi pengguna laptop yang menggunakan batere Ni-MH daripada baterai Li-Ion yang tersedia pada laptop modern yang baru-baru ini. Memori efek terkait dengan hilangnya daya baterai ketika mereka terus-menerus diisi ulang setelah habis. Hal ini akan menimbulkan "tipuan" daya pemakaian baterai.  Kemudian batere akan diisi ulang  lagi. Li-Ion baterai tidak memiliki masalah mengenai pelepasan parsial dan isi kembali dan mengisi sampai penuh  tidak dianjurkan untuk mereka.
 

Tip 18. Selalu Update Driver
Mungkin kedengarannya agak aneh tapi update driver dan perangkat lunak pada dasarnya dirancang untuk menjadi lebih efisien dan penggunaan daya baterai lebih sedikit.
 

Tip 19. Pakailah Pengisi Batere Yang Original 
Pastikan bahwa pengisi batere/charger yang anda gunakan adalah memenuhi spesifikasi yang benar. Sebuah charger yang tidak direkomendasikan pabrikan dapat menyebabkan overload yang juga dapat merusak laptop dan batere.
 

Tip 20. Lepaskan Batere Jika Tidak Digunakan
 Jika Anda telah memutuskan tidak menggunakan laptop selama beberapa saat, maka pastikan bahwa daya baterai harus berisi minimal 40% dan kemudian lepaskan baterai dan simpan di tempat yang dingin dan tempat yang kering. (bisa disimpan di kulkas)
 

Baterai lithium ion yang normal memiliki umur rata-rata hampir 2 sampai 3 tahun. Dengan bantuan beberapa trik dan kehati-hatian, kerusakan pada batere dapat ditunda. Terimakasih


Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Mohon Komentarnya Ya