Jumat, 04 Juni 2010

Harus Dilakukan Jika Account Facebook Atau Twitter Anda Di"Hack" ?

Pernah mengalaminya ?? Tapi, sekarang adalah kenyataan bagi kita semua yang menggunakan jejaring sosial - ini bukan soal jika Anda ber-Twitt atau Facebook-an, tapi hanya KAPAN waktunya. Biasanya para hacker (black hacker) menyusupi account kita dengan mengirimkan pesan yang menarik perhatian kita untuk mengklik pesan tersebut.
Pesan itu biasanya berupa pujian pada beberapa bagian tubuh atau permintaan untuk meng-klik pada link untuk melihat video. Selain itu, ciri lainnya adalah adanya beberapa kesalahan ejaan penulisan pesan.

Berhati-hatilah ketika Anda mendapatkan sebuah pesan, bahkan bisa jadi pesan itu datang dari teman-teman terpercaya. Banyak pesan yang berupa virus atau beberapa jenis malware yang menginfeksi komputer Anda atau akan digunakan untuk mendapatkan akses ke account Anda (keylogger dan lain-lain) dan mengirimkannya ke semua teman Anda dan pengikut anda di Twitter yang berupa pesan spam. Jika Anda klik salah satu link tersebut, perhatikan apa yang pemindaian antivirus beriyahukan kepada anda, terutama jika Anda menerima peringatan keamanan suatu situs.
Dibawah ini ada beberapa tips yang mungkin berguna. Saya ambil dari berbagai sumber.

Jika account Twitter anda di-hack : 

  1. Kunjungi halaman informasi untuk penyelesaian masalah.
  2. Log out dari Twitter dan jangan panik
  3. Segera hapus cache browser Anda (sejarah browsing,  cookie dan info pribadi) dan segera tutup  browser Anda.

    Untuk pengguna IE : Klik Tools - Internet Options, dan kemudian klik tombol "Delete" di bawah Riwayat Browsing. Periksa semua kotak (kecuali data InPrivate Filtering) dan klik pada tombol "Hapus".

    Untuk pengguna Firefox: Klik Tools - Clear History terkini, dan kemudian klik panah bawah di samping "Details", centang semua kotak, dan pilih "Semua" untuk rentang waktu untuk menghapus.
     
  4. Buka jendela browser baru, login ke Twitter, dan ikuti perintah untuk mengubah password Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur Twitter yaitu reset password untuk mengatur password baru sebelum log in lagi. 
  5. Kunjungi pengaturan halaman Anda dan memeriksa koneksi Anda . Hapus hak akses untuk aplikasi pihak ketiga yang tidak Anda kenal. 
  6. Mengirimkan permintaan dukungan untuk membiarkan mereka tahu bahwa Anda telah mengambil semua langkah yang tepat untuk me-reset account Anda. Anda juga bisa memasukkan informasi mengenai setiap status yang tidak diposting oleh Anda di dalam tubuh permintaan tersebut. 
  7. Update password Anda dalam semua aplikasi pihak ketiga Anda juga. Jika aplikasi pihak ketiga (seperti Facebook, Twitterrific, Twhirl, dll) sedang mencoba untuk menggunakan password lama Anda untuk mengakses Tweets Anda, ia akan mengunci Anda dari account Anda.

    Jika account FB anda di-hack: 
  1. Kunjungi halaman informasi Facebook untuk penyelesaian masalah. 
  2. Jika Anda masih dapat mengakses alamat email login Anda, kemudian gunakan link "Lupa password" ke prompt email dari Facebook dengan kode reset password. Jika Anda tidak dapat mengakses account Anda, kemudian gunakan link tersebut . Biasanya dikirim ke e-mail kita. 
  3. Hapus cache browser Anda (riwayat browsing dan cookies dan info pribadi) dan menutup browser anda seperti dijelaskan di atas. 
  4. Account FB Anda juga bisa diphished / hacked oleh situs web phishing, atau perangkat lunak berbahaya lainnya. Untuk memastikan bahwa semua aman lagi, lihat bagian " Peringatan" di Facebook. 
  5. Berhati-hatilah ketika menggunakan Twitter dan Facebook. Percayalah intuisi Anda, dan jika sesuatu yang tidak terlihat atau merasa benar, abaikan atau hapus sebelum mengkliknya. Mudah-mudahan tips yang kecil ini bisa berguna. Dan pastikan lagi setting account FB atau Twitter anda aman.

Semoga informasi berguna


Dirangkum dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Mohon Komentarnya Ya