readbud - get paid to read and rate articles

Selasa, 28 September 2010

Ilmu Baru Di Dunia Yang Baru

Ini merupakan dunia (pekerjaan) yang sama sekali baru bagi saya. "Mining" dunia yang sama sekali belum pernah terbersit dalam benak saya untuk memasukinya. Tapi setelah melewati berbagai proses akhirnya saya masuk ke dalamnya juga.
Dan betah. hee...he....he. CSR (Corporate Social Responsibility) adalah sebuah istilah asing dan sangat awam bagi saya. CSR salah satu divisi yang yang sangat menunjang bagi perusahaan. Divisi ini mempunyai tugas pokok menyusun dan membuat program-program yang berguna untuk masyarakat. Berat dan sangat beresiko. Tapi saya berusaha untuk sebaik mungkin menuangkan ide-ide untuk memperdayakan masyarakat. Sebagai kunci pertama adalah saya harus mau dan mampu memasuki dunia mereka (masyarakat). Teori dan contoh memang banyak. Tetapi tidak bisa diterapkan secara apa adanya di lapangan. Karena kita ketahui bersama bahwa adat budaya di Indonesia sangat beragam. Kita harus memahami mereka. Adat, pola pikir dan sikap-sikap mereka. Untuk bisa memasuki dunia mereka, kita harus terjun langsung di tengah-tengah mereka. Kalau kita masuk dengan sikap yang baik, maka insyaalloh mereka akan menerima kita dengan tangan terbuka. Dan juga sebaliknya. Dengan diterimanya kita di tengah-tengah mereka, maka kita sudah punya modal yang lumayan untuk menjalankan tugas. Jangan pernah memaksakan kehendak kita kepada mereka. Beritahu tentang sesuatu hal, tanpa mereka merasa di"gurui". Untuk hal yang ini saya masih berusaha dan berusaha. Semua memang perlu proses. Tapi saya tetap berusaha untuk mengikuti proses itu.

2 komentar: